10 Destinasi Wisata di Bintan Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Bintan merupakan pulau terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau yang berdekatan dengan negara Singapura ini, memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Banyak para wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara yang menjadikan Bintan sebagai tempat untuk menghabiskan masa liburan mereka.

Ya, tempat wisata di Pulau Bintan memang tidak kalah menarik dengan destinasi wisata yang ada di pulau Bali dan Lombok. Mulai dari wisata alamnya, pantai, adat-budaya, hingga wisata sejarah tersedia di Pulau Bintan. Nah, penasaran seperti apa keindahan destinasi wisata yang disuguhkan di Pulau Bintan? Berikut 10 tempat wisata terbaik di Bintan yang wajib Anda kunjungi.

1. D’Bamboo Kamp

D'Bamboo Kamp merupakan tempat wisata yang berada di Desa Ekang Anculai. Tempat yang juga terkenal dengan nama Desa Wisata Ekang ini, hadir dengan konsep berbasis alam dan lingkungan. Sehingga, tempat wisata di Bintan satu ini sangat cocok sekali untuk Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

D’Bamboo Kamp Bintan

Berbagai macam aktivitas dapat Anda nikmati, seperti berkuda, memancing, bermain di kebun kelinci, hingga mengelilingi hutan mangrove yang ada di sekitaran Desa Wisata Ekang. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menginap dan berkemah dengan suasana yang menyatu dengan alam. Terdapat dua pilihan yakni villa tenda dan glamping.

2. Taman Pemancingan Poyotomo

Destinasi wisata di Pulau Bintan kedua yang harus Anda kunjungi adalah Taman Pemancingan Poyotomo. Letaknya yang berada tepat di bawah kaki gunung Bintan, membuat suasana alam di tempat wisata ini terasa sejuk dan menyenangkan.

Taman Pemancingan Poyotomo Bintan

Sesuai dengan namanya, di Taman Pemancingan Poyotomo tersedia kolam yang cukup luas untuk memancing ikan. Selain itu terdapat juga gazebo-gazebo untuk para wisatawan bersantai bersama keluarga. Bagi Anda yang ingin bermalam di sana, Anda dapat menyewa tenda dengan harga sekitar Rp 50 ribu.

3. Ballond Mangrove

Ballond Mangrove bisa menjadi salah satu pilihan yang pas untuk traveling di Bintan. Menyusuri hutan bakau yang ada di Sungai Sinah akan memberikan pengalaman berbeda. Mangrove di destinasi ini tampak unik dari yang lainnya. Daun-daun dan ranting pada sisi kiri dan kanan sungai seperti menyatu dan berbentuk kanopi.

Ballond Mangrove Bintan

Saat masuk di dalamnya, Anda akan benar-benar seperti berada dalam hutan belantara. Cahaya matahari yang masuk hanya terbias dari celah-celah daun yang berada tepat di atas kepala. Suara fauna terdengar nyaring. Penghuni bakau seperti ular, bangau, dan monyet sesekali menampakkan diri. Selain itu di tempat wisata ini Anda juga akan diajak merasakan langsung bagaimana menangkap kepiting menggunakan alat tangkap tradisional, yakni bento.

4. Safari Lagoi dan Eco Farm

Safari Lagoi adalah sebuah kejutan untuk Anda yang berkunjung di Pulau Bintan. Di tempat wisata ini terdapat sebuah taman hewan dengan koleksi binatang yang sangat beragam. Sebagian besar hewan yang ada di Safari Lagoi ini adalah hewan yang dilindungi.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Pulau Bintan yang Harus Anda Coba

Menariknya lagi, kebun binatang di Bintan ini juga dilengkapi dengan lahan-lahan perkebunan yang diberi nama Eco Farm.  Berbagai jenis tanaman tropis seperti kacang, jagung, pepaya, buah naga, dan lain-lain tersedia di sini. Nah, tentu ini menjadi salah satu wahana edukasi yang baik untuk anak-anak bukan?

5. Museum Bahari Bintan

Berwisata sambil menambah ilmu pengetahuan tentu sesuatu hal yang mengasyikkan. Salah satunya dengan mengunjungi Museum Bahari Bintan yang terletak di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau.

Museum Bahari Bintan

Di Museum ini, terdapat sejumlah arca dan piring pecah belah dari pengangkatan harta karun bawah laut peninggalan sejarah dari Dinasti Ming kerajaan China di masa lampau. Ada juga koleksi miniatur perahu sekaligus alat tangkap laut yang digunakan masyarakat sejak zaman dulu, seperti Bubu, Jaring, Pukat dan Bento. Selain itu berbagai jenis binatang laut hasil tangkapan yang telah diawetkan juga dapat Anda lihat.

6. Rumah Pohon Busung

Di Kampung Raja tepatnya di Desa Busung hadir wahana baru untuk Anda yang suka berfoto-foto, yakni rumah pohon. Suasananya berbeda dari tempat-tempat wisata lain yang ada di Bintan. Berada di lahan  yang datar, rumah-rumah pohon dengan nuansa alam dan hijaunya hutan akan menjadi daya pikat bagi Anda yang tidak ingin liburannya disengat matahari.

Rumah Pohon Busung Bintan

Di sini setidaknya terdapat 8 rumah pohon yang tersedia. Adapun pencetus rumah pohon ini adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Raja, Busung. Alasan mereka membangun destinasi wisata Rumah Pohon ini, dikarenakan tingginya minat pengunjung dalam menikmati wisata alam di Bintan.

Saat berada di sini, Anda bukan hanya dapat menikmati teduhnya rumah pohon saja. Akan tetapi Anda juga bisa menikmati serunya turun dari ketinggian pohon menggunakan flying fox, melihat gerombolan burung merpati beterbangan atau berkemah di tengah hutan bersama teman-teman. Bahkan untuk Anda yang membawa anak-anak, Anda juga bisa mengajak mereka melihat kebun binatang yang terdapat di sekitar wisata Rumah Pohon Busung.

7. Gurun Pasir Telaga Biru

Gurun Pasir Telaga Biru adalah salah satu destinasi wisata yang tepat untuk liburan akhir pekan Anda di Pulau Bintan. Lahan dengan luas sekitar 6.000 hektar ini sebenarnya bekas tambang pasir, yang kemudian dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Gurun Pasir Telaga Biru Bintan

Di Gurun Pasir Telaga Biru Anda akan merasa seolah-olah berada di Timur Tengah. Hamparan pasir putih, danau berwarna biru mirip oase, dan terik matahari yang menyengat dapat Anda nikmati. Tak hanya itu, jika lelah berkeliling Anda juga bisa beristirahat sambil menikmati es kelapa muda dan aneka minuman di kedai-kedai sekitarnya.

8. Treasure Bay

Anda hobi berenang? Kunjungi saja Treasure Bay Bintan. Di sini Anda dapat berenang sepuasnya di kolam renang yang disebut-sebut terbesar se-Asia Tenggara.

Kolam renang ini memang sengaja dibuat besar dan mirip dengan laut. Airnya pun jernih dengan warna biru yang cerah. Di tepian kolam juga terdapat kursi-kursi panjang layaknya di tepi pantai.

9. Pantai Trikora

Tempat wisata yang terkenal di Bintan selanjutnya adalah Pantai Trikora. Dengan mengunjungi pantai ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan di sepanjang perjalanan, seperti pemandangan perkampungan nelayan, lokasi konservasi lamun dan mangrove, serta resort-resort mewah.

Di lokasi Pantai Trikora sendiri Anda dapat menikmati pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan angin sepoi-sepoi. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan bawah laut di pantai ini dengan mencoba kegiatan snorkeling.

10. Plaza Lagoi Bay

Lokasi ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai di kawasan Lagoi, Bintan. Di sini Anda dapat menikmati berbagai wahana permainan air, seperti jet ski, kano dan ATV.

Di Plaza Lagoi Bay juga terdapat Rumah Imaji, yaitu tempat yang akan membawa Anda menuju ke ruangan yang penuh dengan imajinasi. Setidaknya ada 50 spot foto yang terdiri dari upside-down room 3D art, trick eye illusion, dan perspective room.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Bintan yang bisa Anda kunjungi. Tempat-tempat wisata di atas tentunya akan membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan. Bagaimana, tertarik mengunjungi tempat wisata di Bintan?

Penulis:
Milyawati
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel