8 Manfaat Buah Kurma Dikonsumsi Saat Sahur dan Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Kurma adalah salah satu buah yang paling populer dan banyak diburu saat bulan puasa Ramadhan. Buah kurma biasanya dijadikan sebagai menu takjil yang dihidangkan saat berbuka puasa. Tak heran, jika kemudian buah kurma mendadak banyak dijual dengan berbagai jenis dan harga.

Sebenarnya, apa yang membuat buah kurma begitu spesial di bulan Ramadhan? Ternyata buah kurma kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat cocok dikonsumsi untuk memenuhi asupan ketika berpuasa. Selain itu, buah kurma juga merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh karena mengandung gula dan serat.

Manfaat Buah Kurma

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini ada beberapa manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh, terutama ketika dikonsumsi saat sahur dan buka puasa di bulan Ramadhan.

1. Meningkatkan Energi

Buah kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan gula alami itu sendiri dapat meningkatkan energi dalam tubuh dengan cepat. Artinya, jika Anda ingin mengembalikan energi tubuh dengan cepat setelah seharian berpuasa, maka kurma adalah buah yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka.

2. Melancarkan Pencernaan

Apakah Anda mengalami sulit buang air besar selama puasa? Nah, konsumsi saja buah kurma untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab buah kurma memiliki kandungan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Buah ini sangat terkenal sebagai buah untuk "mencuci" perut.

3. Memperkuat Tulang

Buah kurma kaya akan kandungan mineral yang mampu untuk membantu dalam memperkuat tulang serta melawan osteoporosis. Selain itu, buah kurma juga mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang mana semua kandungan tersebut memiliki kontribusi yang penting untuk meningkatkan kepadatan tulang.

4. Mengontrol Berat Badan

Bagi Anda yang tidak ingin kehilangan berat badan saat menjalankan ibadah puasa, mengonsumsi buah kurma saat sahur dan berbuka adalah cara yang tepat untuk mencegahnya. Kandungan zat gula alami, vitamin, dan protein yang ada di dalam buah kurma akan membantu Anda untuk mengontrol berat badan secara sehat.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan D di dalam buah kurma sangat berkhasiat untuk membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi buah kurma secara teratur akan membuat kulit tetap terasa kenyal dan lembut.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah kurma ternyata juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal itu ditemukan setelah dilakukan sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information. Dalam jurnal tersebut, dijelaskan bahwa buah kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk merangsang pengangkatan kolesterol dan sel-sel arteri.

7. Meningkatkan Kemampuan Otak

Di dalam buah kurma terdapat kandungan potasium yang dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pada otak. Dengan memakan buah kurma secara rutin juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya plak pada otak, sehingga secara tidak langsung juga mencegah Anda terkena penyakit Alzheimer. Namun, manfaat buah kurma satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

8. Mengobati Anemia

Penyakit anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Nah untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi buah kurma secara teratur. Sebab di dalam buah kurma terdapat kandungan zat besi, vitamin C, dan B6 yang sangat baik untuk merangsang produksi hemoglobin. Sehingga secara otomatis juga akan membantu Anda dalam mengobati penyakit anemia.

Sejumlah manfaat sehat dari buah kurma di atas memang benar-benar menakjubkan. Oleh karena itu tidak salah jika kurma menjadi buah yang paling banyak dicari di saat bulan puasa Ramadhan. Nah, apakah Anda juga termasuk penggemar buah kurma?

Sumber artikel:
https://www.merdeka.com/sehat/8-manfaat-luar-biasa-dari-kurma-sang-primadona-di-bulan-ramadan.html
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel